Sitemap

4

Empat Info 'Haram' Dibagi di Facebook

ILLIYAN Sabtu, 10 Juli 2010 ,
http://buzzcanuck.typepad.com/agentwildfire/images/2007/10/28/facebook_lineup.jpg
Perkembangan teknologi memudahkan manusia melakukan komunikasi dengan banyak orang di seluruh dunia. Melalui sejumlah situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, atau MySpace, kita dengan mudah saling bertukar informasi dan berhubungan dengan kawan baru.

Namun, merebaknya kejahatan di dunia maya, ada baiknya selalu mawas diri. Jangan sembarangan mengumbar informasi pribadi lewat jejaring sosial. Jangan sampai informasi yang kita bagi justru mengundang aktivitas penjahat.

Seperti dikutip dari laman Shine, berikut empat informasi pribadi yang sebaiknya tidak dipublikasikan lewat akun jejaring sosial.



Tempat dan Tanggal Lahir
Informasi yang lengkap tentang tempat dan tanggal lahir bisa saja dicuri oleh orang tak bertanggung jawab. Sebuah studi yang dilakukan oleh Carnegie Mellon menunjukkan bahwa tanggal dan tempat kelahiran dapat digunakan untuk memprediksi angka rahasia untuk menarik uang dalam sejumlah rekening.
"Bahkan bisa digunakan pencuri identitas untuk menguras keuangan Anda" kata Givens. Kalau memang perlu menuliskan informasi kelahiran, cukup tulis tanggal dan bulannya saja.

Rencana Liburan
Mengunggah foto ke akun jejaring sosial sepulang liburan sering dilakukan banyak orang. Tapi, hati-hati saat memuat rencana liburan, karena ini bisa mengundang niat jahat seseorang dan menggagalkan rencana manis Anda.

Alamat Rumah
Studi terbaru Institut Ponemon menemukan bahwa pengguna situs jejaring sosial memiliki risiko lebih besar mengalami kekerasan fisik dan pencurian identitas akibat informasi yang mereka bagi. Sekitar 40 persen menuliskan alamat rumah mereka di situs.
Sebanyak 65 persen tidak membuat pengaturan privasi yang baik sehingga semua orang, meski tak kenal, bisa mengakses informasi pribadi mereka. Dan, 60 persen mengatakan, tidak mengenal seluruh 'teman' yang terhubung dengan akunnya.

Password petunjuk
Jika Anda memiliki fasilitas online banking, Anda mungkin pernah menjawab puluhan pertanyaan keamanan yang berbeda. Mulai nama mengatakan bank Anda atau perusahaan pialang, nama anak atau ibu Anda, tempat Anda menikah hingga nama lagu favorit Anda.
Apakah ada hal-hal yang sama pada halaman informasi profil Facebook Anda? Jika ada, sebaiknya segera ubah. Jangan biarkan membuka peluang sedikit pun bagi penjahat menelusuri password Anda.

4 komentar para sahabat:

Arham Sukardi mengatakan...

ane mempublikasikan tempat tanggal lahir, waduh bisa brabe urusannya kalo begini gan!!

musthofa mengatakan...

ane udah gk ngurus sama facebook coz ane udah lupa password fb ane! hahahahaha

vos©ot mengatakan...

wah, nice info bgt nih.
Good job.

Rama mengatakan...

wah,,bagus juga infonya gan,,

kunjungan balik ya gan,,,

Poskan Komentar

Saya akan selalu menerima komentar, kritik, dan saran anda, jika anda berkomentar tampa PORN serta SPAM dan jangan pernah meninggalkan link pada kotak komentar.
Terimakasih atas partisipasi anda.
Jangan Lupa Follow Blog ini!!!

Entri Populer

 
Copyright 2010 InformanZ