Sitemap

5

Inilah Alasan Mengapa Mata Terpejam Saat Bersin

ILLIYAN Jumat, 09 Juli 2010 ,
http://www.total-gardening.com/images%20total-gardening/Coastrider/19-08-2008/Sneezing%203.jpgSemua orang pasti pernah mengalami bersin. Reaksi spontan ini biasanya terjadi saat hidung terasa gatal. Tapi, tahukah Anda bahwa mata selalu terpejam ketika bersin?
Dr. Bonnie Henderson dari pusat kesehatan Mata dan Telinga Massachusetts mengatakan, saraf-saraf organ mata dan hidung saling terkait. Mata spontan akan terpejam saat bersin untuk melindungi saluran air mata dan kapiler darah agar tidak terkontaminasi oleh bakteri yang keluar dari membran hidung.
Bersin sebenarnya merupakan reaksi spontan tubuh untuk membersihkan hidung dari ‘benda asing’. Bersin terjadi ketika ujung syaraf dalam hidung mendeteksi adanya virus atau bakteri. Bersin juga terjadi ketika saraf hidung mendapat rangsangan mengejutkan seperti bau menyengat, udara dingin, atau reaksi alergi.

Dalam kondisi semacam itu, saraf hidung akan mengirim sinyal ke otak untuk membersihkan saluran udara. Dan terciptalah sebuah hentakan dari mulut dan hidung. Usai hentakan terjadi, mata pun otomatis akan terbuka kembali.

Bersih tak hanya membuat mata terpejam, tapi juga wajah menegang dan jantung berhenti berdetak selama nol koma sekian detik. Itulah mengapa banyak orang mengucap syukur setelah mendengar orang bersin. Di Indonesia, banyak orang mengucap “Alhamdullilah”, di Amerika orang mengucap “Bless you”, di Jerman orang mengucap “Gesundheit”, sedangkan di Yunani orang mengucap “Banish the Omen”.

Dr Thomas Graboys, direktur Lown Cardiovascular Research Foundation di Boston, menambahkan, bersin memicu perubahan tekanan di dada yang dapat merangsang saraf vagus sehingga denyut jantung melambat. Kondisi inilah yang menjelaskan mengapa bersin membuat jantung berhenti berdetak dalam sekejap.

5 komentar para sahabat:

musthofa mengatakan...

pertamax iyank

musthofa mengatakan...

untung aja klo ane bersin pasti mata ane terpejam, berarti saraf2 ane alhamdulillah msh berfungsi dengan baik. dan semoga selamanya terus berfungsi dengan baik. Amin Ya Rabb

CongCot mengatakan...

gitu ya
pantess, ru tau tapi, ru nyadar lagi haha

mas doyok mengatakan...

kalau gak terpejem gak biaa keluar bersinnya hahaha

Miliana mengatakan...

nice info jadi tau deh alasannya

surat al mulk

Posting Komentar

Saya akan selalu menerima komentar, kritik, dan saran anda, jika anda berkomentar tampa PORN serta SPAM dan jangan pernah meninggalkan link pada kotak komentar.
Terimakasih atas partisipasi anda.
Jangan Lupa Follow Blog ini!!!

Entri Populer

 
Copyright 2010 InformanZ