Sitemap

1

Warga Sukabumi Yang Berusia 160 Tahun!

ILLIYAN Kamis, 13 Mei 2010 ,
Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat mencatat sebanyak 13 orang warga Jawa Barat memiliki usia di atas 100 tahun lebih. Bahkan ada yang mengaku berusia 160 tahun. Sebagian besar warga yang berusia di atas 100 tahun berada di wilayah Kabupaten Tasikmalaya.
 Namun BPS masih berupaya melakukan tingkat akurasi usia ke 10 lansia tersebut, agar ketetapan usia mereka bisa dipertangungjawabkan. “Kalau klaimnya seperti itu, tetapi kita tetap lakukan akurasi data dilapangan,”ujar Kepala Badan Pusat Statistik Jawa Barat, Lukman Ismail, kemarin sore.



Berdasarkan laporan yang masuk melalui petugas di lapangan, 13 warga berusia lebih dari 100 tahun tersebut berada di wilayah Kabupaten Tasikmalaya 10 orang, di Kabupaten Sukabumi satu orang, Kota Banjar satu orang, dan Kabupaten Kuningan  satu orang.

"Datanya masih sementara," ujar dia. "Kita masih berupaya meningkatkan akurasi usia warga tersebut. Butuh teknik-teknik khusus untuk mengetahui usia mereka, hingga mendekati kebenaran."

Menurut Lukman, salah satu cara mengetahui usia warga yakni dengan mengkaitkannya dengan sebuah peristiwa besar. Sebagai contoh ada seorang warga Kabupaten Sukabumi yang mengklaim memiliki usia 160 tahun berarti memiliki hubungan selama penjajahan. Maka gambaran usianya bisa dikaitkan dengan pernikahan Ratu Wilhemnia sekitar tahun 1881. “Kebanyakan data otentik warga usia di atas 100 tahun kan lemah,” ujarnya

Lukman menambahkan bila data yang dihasilkan sesuai dengan pendataan petugas di lapangan maka tidak menutup kemungkinan orang yang bersangkutan bisa didaftarkan dalam Guinness Book of Record sebagai manusia tertua dunia.

Sementara itu, instruktur utama sensus penduduk Provinsi Jawa Barat Endang Suteja menambahkan ada dua masalah utama yang kerap dihadapi petugas pencacatan di lapangan yakni sulitnya mendapatkan koresponden untuk masyarakat kota serta sulitnya medan lapangan untuk masyarakat yang berada di pelosok.

1 komentar para sahabat:

Megazoid mengatakan...

wow hebat amat gan...

Poskan Komentar

Saya akan selalu menerima komentar, kritik, dan saran anda, jika anda berkomentar tampa PORN serta SPAM dan jangan pernah meninggalkan link pada kotak komentar.
Terimakasih atas partisipasi anda.
Jangan Lupa Follow Blog ini!!!

Entri Populer

 
Copyright 2010 InformanZ