Sitemap

0

SKENARIO Grup Maut Piala Dunia 2010

ILLIYAN Kamis, 22 April 2010 ,
Zakumi, World Cup 2010 (PA)
Tepat pukul 00:00 WIB pada Sabtu, 5 Desember 2009, undian Piala Dunia 2010 akan digelar di gedung Cape Town International Convention Centre, Afrika Selatan.

Semua pemerhati sepakbola dari seluruh penjuru dunia, terutama dari 32 negara peserta, tentunya tak ingin ketinggalan menyaksikan acara tersebut.

Tuan rumah Afrika Selatan ditambah 31 tim lainnya yang lolos akan dibagi ke dalam empat pot. Dari masing-masing pot, akan diundi empat tim dikalikan delapan grup. Tapi tungg
u dulu. Kita belum mengetahui siapa penghuni masing-masing Pot 1, 2, 3 dan 4.

FIFA belum mengumumkan secara pasti tentang prosedur tim-tim unggulan. Suat
u hal yang sudah pasti, Afrika Selatan sebagai tuan rumah dan juara bertahan Italia dipastikan masuk Pot 1 - boleh disebut juga pot unggulan utama. Sisanya tidak hanya ditentukan berdasarkan ranking FIFA. Prestasi yang diraih pada Piala Dunia 2002 dan 2006 ikut dipertimbangkan.

Faktor lainnya yang menjadi pertimbangan adalah konfederasi masing-masing tim. Menurut peraturan FIFA, tim-tim dari konfederasi yang sama, sebisa mungkin dipisahkan, atau dicegah untuk bertemu dalam satu grup. Artinya, tidak mungkin dua tim dari Amerika Selatan atau Asia saling berhadapan di grup yang sama. Tapi karena terdapat 15 tim dari Eropa, beberapa grup akan terdiri dari dua tim anggota UEFA.

Nah, berdasarkan semua faktor di atas, Pot 2 sewajarnya terdiri dari tim-tim UEFA saja. Sedangkan tim dari AFC, OFC dan CONCACAF masuk Pot 3, dan non-unggulan Amerika Selatan digabung dengan lima tim tersisa dari Afrika di pot terakhir. Dengan kata lain, masuk Pot 1 adalah prestasi besar (kecuali status tuan rumah Afrika Selatan), karena ranking FIFA dan prestasi tim menjadi pertimbangan dasar. Sisanya adalah faktor geografis.

Dengan alasan tertentu, FIFA belum bisa mengumumkan sistem pot unggulan, tapi pada acara undian bisa diketahui secara pasti. Prakiraan pot di bawah ini merupakan estimasi terbaik.



Pot 1Pot 2 (UEFA)
Afrika Selatan (CAF - tuan rumah) Belanda (UEFA)
Jerman (UEFA) Portugal (UEFA)
Brasil (CONMEBOL) Swiss (UEFA)
Italia (UEFA) Yunani (UEFA)
Spanyol (UEFA) Serbia (UEFA)
Inggris (UEFA) Denmark (UEFA)
Prancis (UEFA) Slowakia (UEFA)
Argentina (CONMEBOL) Slovenia (UEFA)
Pot 3Pot 4
 Meksiko (CONCACAF) Paraguay (CONMEBOL)
Amerika Serikat (CONCACAF) Ghana (CAF)
Korea Selatan (AFC) Kamerun (CAF)
 Jepang (AFC) Pantai Gading (CAF)
 Australia (AFC) Nigeria (CAF)
Honduras (CONCACAF) Uruguay (CONMEBOL)
Selandia Baru (OFC) Aljazair (CAF)
Korea Utara (AFC) Cili (CONMEBOL)

Dari prakiraan pot di atas, mari kita lihat sepuluh kemungkinan grup yang paling tangguh...

Mimpi Buruk Azzurri
Italia - Belanda - Korea Selatan - Cili

Susunan grup yang dipastikan bakal panas. Italia dikalahkan tuan rumah Cili di Grup B Piala Dunia 1962 yang kemudian memaksa Azzurri tersingkir. Belanda mempecundangi Italia 3-0 di Euro 2008, dan Piala Dunia 2002 melawan Korea Selatan tak mungkin hilang dalam benak tifosi Italia.

Perang Bintang

Argentina - Portugal - Meksiko - Pantai Gading

Talenta individual dalam grup ini akan menghibur jutaan fans sepakbola. Bayangkan saja Lionel Messi, Cristiano Ronaldo dan Didier Drogba dalam satu grup. Dari kubu Meksiko, nantikan aksi individu dari Cuauhtemoc Blanco.

Kumpulan Kuda Hitam
Afrika Selatan - Slovenia - Korea Utara - Aljazair

Grup seperti ini tentunya akan menguntungkan tim tuan rumah. Tapi kenyataannya, tak banyak pengamat yang bisa memahami kekuatan empat tim di atas. Yang jelas, Slovenia, Korea Utara dan Aljazair masing-masing memiliki unsur kejutan.

Fans Membara

Inggris - Serbia - Australia - Aljazair

Untuk mendapatkan suasana stadion yang lebih ramai, inilah grup yang diinginkan. Fans dari empat tim ini dijamin bisa menghidupkan atmosfir di dalam maupun luar stadion.

Duel Pelatih Gila
Argentina - Yunani - Korea Utara - Cili

Perhatikan ulah masing-masing pelatih di pinggir lapangan. Diego Maradona selalu heboh sendiri, Otto Rehhagel berada di bawah tekanan dan bisa bertingkah dari bench; pelatih Korea Utara Kim Jong-hun kerap dikeluarkan dari stadion; dan belum ada perubahan karakter dari Marcelo Bielsa.

Demam Derby

Spanyol - Portugal - Meksiko - Cili

Spanyol dan Portugal akan menjadi derby lokal yang menarik. Tak sedikit pula pemain asal Cili dan Meksiko yang merumput di La Liga. Banyak muatan lokal dalam pertandingan grup ini, karena tiga pesertanya menggunakan bahasa yang sama.

Ajang Pembuktian Raksasa

Brasil - Portugal - Meksiko - Nigeria

Portugal dan Nigeria saat ini tidak berada dalam kondisi terbaik. Tapi begitu Piala Dunia dimulai, reputasi tim diutamakan, menyebabkan performa justru menurun. Grup ini terdiri dari empat tim raksasa yang harus membuktikan bahwa mereka memang tim raksasa.

Keseimbangan Bertahan & Menyerang
Jerman - Belanda - Australia - Kamerun

Tim-tim ini memiliki rekor kebobolan paling sedikit di kualifikasi babak grup masing-masing. Jerman dan Belanda adalah duel panas dengan sejarah panjang. Selain pola bertahan, waspadai serangan balik dari empat tim ini.

Gol, Gol, Gol

Spanyol - Serbia - Amerika Serikat - Cili

Ingin menyaksikan grup yang diwarnai banyak gol? Inilah dia. Spanyol mencetak 28 gol dalam sepuluh pertandingan sebelum lolos ke Piala Dunia dengan rekor sempurna. Serbia membobol gawang lawan sebanyak 22 kali. Amerika Serikat merajai konfederasi CONCACAF. Sedangkan Cili mencetak 32 gol, walau kebobolan 22 kali juga di babak kualifikasi.

Kekuatan Ranking

Spanyol - Belanda - Amerika Serikat - Pantai Gading

Grup ini adalah yang paling berat jika mengacu pada ranking dunia keluaran FIFA. Spanyol berada di posisi teratas, diikuti Belanda di urutan ketiga, Amerika Serika ke-14 dan Pantai Gading ke-16. Ranking mereka membuat grup ini sangat kuat.

Bagaimana menurut Anda? Grup maut mana yang paling keras? Atau, mungkin saja Anda memiliki susunan "group of death" yang lebih top? Sampaikan pendapat Anda kepada kami melalui formulir di bawah ini...

0 komentar para sahabat:

Poskan Komentar

Saya akan selalu menerima komentar, kritik, dan saran anda, jika anda berkomentar tampa PORN serta SPAM dan jangan pernah meninggalkan link pada kotak komentar.
Terimakasih atas partisipasi anda.
Jangan Lupa Follow Blog ini!!!

Entri Populer

 
Copyright 2010 InformanZ