Sitemap

0

Sisi Lain Dari Teknologi

ILLIYAN Senin, 26 April 2010 ,
Sejak beberapa tahun ini perkembangan teknologi melaju dengan pesat. Setiap tahun bahkan setiap bulan diciptakan dan diluncurkan di pasaran berbagai jenis teknologi dari berbagai bidang yang diharapkan dapat mempermudah aktivitas manusia baik dalam pekerjaan, pendidikan, kehidupan, dan lain-lain.
Sebagai subjek dan objek teknologi, manusia harus siap dan berbenah diri untuk mau menerima perkembangan teknologi tersebut. Kita harus selalu siap untuk mempelajari teknologi-teknologi maju demi kemajuan produktivitas hidup kita. Pada kehidupan sekarang yang semakin modern, manusia akan dipaksa, mau tidak mau harus menerima kemajuan teknologi dan penggunaan teknologi di segala aspek. Semakin banyaknya teknologi baru dan canggih, maka semakin banyak pula yang harus kita pelajari, sehingga kita tidak menjadi orang yang bingung atau tidak tahu terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk mengimbangi pesatnya kemajuan dan kecanggihan teknologi, maka manusia diharuskan untuk menguasainya. Bahkan dilihat dari kenyataan yang terjadi saat ini, banyak orang bersaing untuk menguasai berbagai jenis teknologi, khususnya yang menjadi bagian dari kepentingan, pendidikan, pekerjaan, dan kehidupannya. Dengan menguasai teknologi tersebut, pekerjaan yang kita lakukan akan menjadi lebih mudah, cepat, efektif, dan efisien. Bahkan teknologi diharapkan dapat menjadi hiburan bagi para penggemarnya. Saat ini banyak vendor menawarkan teknologi-teknologi yang bertujuan demi hiburan semata.
Dengan berkembangnya teknologi informasi, mulai dari televisi, radio, bahkan dengan kemunculan internet, informasi dapat diperoleh setiap saat, komunikasi akan semakin lancar, jarak terasa dekat, sehingga masalah tempat menjadi tidak dipersoalkan. Melihat kenyataan ini, jika tidak siap dengan munculnya perkembangan teknologi, maka kita akan menjadi orang-orang yang tergantung pada orang lain dan menjadi tidak mandiri. Dalam pekerjaa, kita akan selalu merepotkan orang lain karena tidak tahu bagaimana cara menggunakan teknologi tersebut. Orang-orang yang tidak mau belajar dan tidak mempersiapkan diri terhadap kemajuan teknologi akan menjadi orang-orang yang tertinggal dan dampak terburuk akan menjadi “objek penindasan teknologi”. Sebab mulai dari sekarang, bahkan beberapa tahun terakhir sampai tahun-tahun yang akan datang, teknologi akan semakin maju mengikuti kemajuan dan kemodern-an masa. Negara yang tidak siap dengan kemajuan teknologi akan mudah dikalahkan oleh negara yang teknologinya lebih maju, bahkan bisa saja negara ini akan tergantung pada negara yang lain. Negara yang teknologinya maju akan dengan mudah menjangkau dunia luar lingkup negaranya, sehingga negara ini akan lebih diterima dalam pergaulan internasional.
Teknologi diciptakan demi kemudahan dan kelancaran aktivitas manusia. Dengan bantuan teknologi, kita akan menjadi lebih cepat dan lebih mudah dalam melakukan suatu aktivitas. Contohnya, dulu sebelum ada komputer, orang mengetik dengan mesin ketik atau hanya menulis dengan tangan, hal ini ternyata lebih repot dan lebih lama, sehingga tidak bisa dengan cepat beralih ke pekerjaan yang lain. Setelah teknologi komputer muncul, kita merasakan kemudahan dalam mengetik, membuat laporan, atau hanya sekedar membuat tulisan, ketika terjadi kesalahan, tidak perlu memulai lagi dari awal dan cukup men-delete bagian yang salah kemudian menggantinya dengan yang benar. Dengan adanya komputer, pekerjaan dapat diselesaikan lebih cepat, sehingga kita dapat berganti dari satu pekerjaan ke pekerjaan yang lain dan waktu akan lebih efisien. Kemudahan dalam teknologi dapat dirasakan oleh pengguna jika mampu menggunakannya denga benar. Komputer memang mempermudah dan mempercepat kegiatan menulis, asalkan kita memiliki pengetahuan dalam penggunaan komputer. Dalam hal ini diperlukan kemauan untuk mempelajari dan menggunakan komputer. Itulah salah satu contoh kecil tentang manfaat dan kebutuhan kita untuk mempelajari teknologi.
Teknologi dapat juga berperan untuk memajukan dan mencerdaskan bangsa. Dengan mempelajari dan menggunakan teknologi, apalagi jika mampu menciptakan teknologi praktis yang dapat digunkan setiap saat, maka hal itu termasuk ke dalam upaya ikut memajukan dan mencerdaskan bangsa. Teknologi yang berkembang saat ini dapat pula dimanfaatkan dalam bidang pendidikan. Banyak piranti teknologi mempermudah aktivitas pendidikan, sehingga para pelajar dapt meanfaatkannya untuk mengakses pendidikan dan mengikuti perkembangan dunia. Hal ini tentu saja membutuhkan dukungan dari pemerintah untuk mengupayakan hal tersebut demi menciptakan generasi penerus yang cerdas dan akan berdampak pada meningkatnya sumber daya mnausia Indonesia.
Kegiatan mempelajari dan menggunakan teknologi dapat diartikan sebagai keikutsertaan dalam mengembangkan teknologi di negara kita, sehingga dapat diharapkan negara kita lebih maju dalam bidang teknologi, untuk selanjutnya dapat dikembangkan juga sektor atau bidang lainnya. Hal ini dikarenakan teknologi memiliki peran dalam merangsang pertumbuhan sektor-sektor lain, misalnya kesejahteraan, keamanan, pertahanan, persatuan, kesatuan, dan lain-lain.
Dengan adanya teknologi maka jarak yang tadinya terasa jauh menjadi dekat, sehingga hubungan warga negara yang satu dengan warga negara yang lain dapat terjangkau, Misal dengan menggunakaan teknologi berupa internet dengan segala pirantinya. Jika masalah jarak telah diatasi, maka kerja sama antar indovidu atau suatu negara dengan negara lain dapat dengan mudah dilaksanakan, sehingga negara dapat mengambil keuntungan dari kerja sama ini untuk kemudian digunakan dalam rangka mengupayakan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Dengat teknologi yang semakin berkembang, negara dapat mengakses informasi jika akan terjadi serangan terhadap pertahanan negara, kemudian secara cepat gangguan ini dapat diredakan oleh aparat pertahanan dan keamanan. Semua hal tersebut dapat dilakukan jika negara kita memiliki sumber daya manusia yang handal dalam bidang teknologi, memiliki kemauan dan kemampuan untuk mempelajari teknologi. Pemerintah tidak boleh lepas tangan dan harus ikut andil dalam mewujudkan masyarakat yang peka terhadap perkembangan teknologi karena dampak positif yang terjadi jika masyarakat menguasai teknologi juga akan berpengaruh pada sistem negara, yaitu menjadikan negara lebih baik.
Jadi, jelas sudah bahwa perkembangan teknologi yang semakin pesat harus diimbangi dengan semangat dan kemauan kita untuk mempelajarinya agar tidak mengalami kesulitan dalam jaman teknologi ini. Semakin berkembangnya teknologi, maka semakin banyak pula yang harus kita pelajari agar diri kita lebih produktif, sebab teknologi hadir untuk mempermudah manusia., asalkan mampu untuk menggunakannya. Dampak terhadap peran warga negara dalam upaya untuk mempelajari dan mengembangkan teknologi akan berpengaruh pada negara, yaitu terwujudnya negara yang maju dan tidak tertinggal dari negara yang lain. Kemudian negara kita akan memiliki citra positif dalam pergaulan internasional.

0 komentar para sahabat:

Poskan Komentar

Saya akan selalu menerima komentar, kritik, dan saran anda, jika anda berkomentar tampa PORN serta SPAM dan jangan pernah meninggalkan link pada kotak komentar.
Terimakasih atas partisipasi anda.
Jangan Lupa Follow Blog ini!!!

Entri Populer

 
Copyright 2010 InformanZ